Minuman Teh & Cara Terbaik Mengkonsumsi Teh

  Mengenal Teh & Jenis – Jenis Teh

 

khasiat tehTips Kecantikan | Tips Kesehatan – Bila anda berkunjung ke Puncak, Jawa Barat anda akan melihat hamparan perkebunan teh yang hijau dan subur. Tentu saja itu hanyalah sebagian kecil dari kekayaan alam di negara kita ini. Indonesia memang dikenal kaya akan hasil pertanian atau hasil alamnya termasuk penghasil teh.

 

Minuman teh telah dikenal sejak ribuan tahun silam. Dinegara – negara asia seperti cina, jepang dan korea bahkan telah mengenalnya sebagai minuman ‘wajib’ yang kerap dikonsumsi pada pagi hari.  Khasiat teh sangatlah banyak, baik bagi organ eksternal maupun internal. Salah satu khasiat ringan dari teh adalah menghilangkan ngantuk. Rasa dari teh pun bermacam – macam, ada yang pahit, ada yang ringan (light), ada juga yang beraroma buah – buahan (biasanya teh yang telah melalui proses produksi / pabrikan).

 

Teh Hijau dan Teh Pahit Serta Khasiatnya

 

Selain teh yang disebutkan diatas, terdapat juga teh yang telah terkenal sebagai teh kesehatan atau teh diet seperti teh hijau, teh hitam, teh merah rosella. Jenis – jenis teh tersebut mempunyai manfaat yang “wow” bagi kesehatan. Teh merah atau teh rosella mengandung vitamin C di dalamnya. Menurut penelitian, pengkonsumsi teh rosella dapat memperkecil resiko terkena penyakit jantung, gusi berdarah, batuk, kelelahan fisik (stamina), liver hingga osteoporosis (tulang keropos).

 

Cara Terbaik Mengkonsumsi Teh

 

Bila anda pecinta teh tentunya sudah sering mengkonsumsi teh. Oleh karena itu, beberapa langkah dan tips dibawah ini menjelaskan cara terbaik untuk mengkonsumsi teh agar khasiatnya tetap maksimal:

 

Tips 1 – Pemilihan Jenis Teh

 

Usahakan agar anda memilih teh berkualitas dengan kondisi teh yang masih segar. Setiap teh memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Ada yang sekedar untuk minuman penghidang, juga ada teh untuk terapi seperti teh diet, teh pengurus badan dll.

 

Tips 2 – Cara Menghidangkan Teh

 

Sebagian besar teh paling cocok dihidangkan dengan air panas karena aroma ekstrak teh baru akan larut dengan air panas. Bila teh dalam kemasan bukan berbentuk celup, maka anda harus menggunakan takaran berupa satu sendok makan teh. Tuangkan satu sendok teh kedalam filter teh lalu tuangkan air panas diatas daun teh ke gelas atau teko kemudian tutup rapat serta diamkan selama 5 menit.

 

Tips 3 – Buang Kantong Teh Sesegera Mungkin

 

Banyak orang meminati teh celup karena ampas teh tidak berhamburan (seperti kopi). Akan tetapi banyak orang tidak menyadari bahwa kantong teh yang umumnya digunakan pada teh celup sangatlah berbahaya karena mengandung bahan – bahan kimiawi yang tidak baik untuk kesehatan. Pastikan agar kantong teh tidak melebihi 10 menit didalam celupan air panas. Beberapa rekomendasi menyebutkan 5 menit itu sudah cukup!

 

Tips 4 – Cara Penyajian Teh

 

Setelah teh siap, langkah terakhir adalah menambahkan rasa manis dengan gula, madu, lemon, susu hingga creamer sesuai selera anda. Teh siap dihidangkan!

 

Demikianlah informasi mengenai Minuman Teh & Cara Terbaik Mengkonsumsi Teh. Semoga bermanfaat :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s