Minyak Esensial Untuk Mengatasi Jerawat

Image credit : FreeDigitalPhotos.net

Ada banyak produk komersial untuk mengendalikan jerawat, yang mengandung minyak esensial. Namun, selama proses pembuatan produk ini, sifat obat minyak esensial banyak yang hilang.

 Minyak Esensial Untuk Mengatasi Jerawat

Minyak esensial merupakan salah satu cara terbaik untuk perawatan jerawat. Berikut ini beberapa minyak esesnsial yang bagus untuk mengatasi jerawat:

1. Minyak Pohon Teh ( Tea Tree Oil )

Tea tree oil mengandung terpinen-4-ol, yang dapat membunuh bakteri dan juga dapat digunakan untuk membersihkan luka. Tidak hanya itu, minyak pohon teh juga dapat dengan cepat membersihkan jerawat dan membantu menenangkan kulit.

Jangan gunakan minyak pohon teh murni pada kulit secara langsung, karena akan menyebabkan gatal dan pengeringan kulit. Sebelum di oleskan, campurankan 2 tetes minyak pohon teh murni, dengan 30 ml lidah buaya atau 10 tetes minyak jojoba.

2. Minyak Lavender

Minyak esensial lavender memiliki berbagai khasiat pengobatan, seperti antibakteri, anti-inflamasi dan menenangkan. Minyak lavender juga memiliki aroma menyenangkan dan dapat membantu untuk menyembuhkan gatal merah yang dialami selama berjerawat. Selain itu minyak lavender juga dapat membantu untuk membersihkan dan mencegah jerawat dan mengurangi bekas jerawat.

Jangan gunakan minyak lavender langsung pada kulit. Buatlah larutan dari 2 tetes minyak lavender dan 10 tetes minyak jojoba, untuk aplikasi oles.

3. Minyak Oregano

Minyak ini merupakan salah satu minyak yang paling ampuh untuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Minyak Oregano mengandung timol carvacrol dan volatile antimikroba, mengandung banyak antioksidan dan vitamin.

Minyak Oregano sangat membantu untuk mensterilkan kulit.Namun, minyak ini kuat sehingga untuk aplikasinya perlu mencampur 2 tetes minyak oregano dengan 10 tetes minyak jojoba setelah itu baru dioleskan pada daerah yang rawan jerawat.

4. Minyak Rosehip

Minyak ini sangat bagus untuk mengobati bekas jerawat atau bekas luka lainnya. Minyak Rosehip telah diuji dan studi menunjukkan bahwa hal itu cukup efektif untuk mengobati bekas luka.

Minyak esensial ini kaya vitamin A, omega 3, omega 6, lycopene dan beta-karoten yang dapat membantu untuk melembabkan dan menyembuhkan kulit. Minyak rosehip dapat digunakan langsung pada kulit, namun, pastikan melakukan tes alergi terlebih dahulu.

5. Minyak Jojoba

Minyak jojoba merupakan antioksidan yang sangat baik. Minyak jojoba murni, dapat dipijat secara langsung pada kulit. Ini membantu untuk mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori, dan menghilangkan kotoran dari kulit. Bersama dengan pengangkatan jerawat, minyak jojoba juga melembabkan kulit. Oleh karena minyak jojoba adalah salah satu minyak esensial terbaik untuk mengatasi jerawat, untuk kulit kering.

Petunjuk Penting

Uji Alergi: Ambil campuran minyak dan oleskan sedikit pada bagian perut. Tunggu beberapa jam untuk melihat apakah Anda alergi atau tidak. Jika merasa kulit seperti terbakar, tambahkan lebih banyak minyak pengencer ke daerah itu untuk mengurangi efek dari minyak esensial. Namun, jika tidak menemukan efek samping maka campuran minyak aman untuk digunakan.

Mengencerkan Minyak: Sebelum menggunakan minyak esensial untuk mengobati kulit berjerawat, campurkan 20 tetes salah satu dari minyak pohon teh, minyak lavender, minyak oregano dengan 40 ml minyak jojoba. Simpan larutan ini dalam botol berwarna kuning, yang akan membantu melindungi dari efek cahaya. Kocok botol dengan baik, dan gunakan kapas untuk mengoleskan pada daerah yang terkena jerawat

Jangan digosok dan hindari penggunaan larutan di sekitar mata dan bibir

by :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s