Tips Penggunaan Kosmetik Untuk Berbagai Jenis Kulit

Kosmetik yang tepat untuk semua jenis kulit memang penting untuk menciptakan penampilan yang segar alami. Selain itu ada yang lebih penting lagi adalah mencegah reaksi atau alergi kulit terhadap penggunaan kosmetik seperti gatal, jerawat, komedo, dan sejenisnya. Kulit mempunyai karakteristik unik dan berbeda antara satu orang dengan orang lainnya sehingga perlu mempertimbangkan ketika memilih dan menggunakan produk-produk kosmetik yang sekarang ini banyak beredar di pasaran. Berikut ini ada beberapa tips sederhana untuk membantu anda mendapatkan kosmetik yang sesuai.

Hindari Kosmetik Yang Bisa Menyebabkan Iritasi Kulit
Setiap kulit mempunyai reaksi yang berbeda terhadap beberapa jenis kosmetik. Oleh karena itu ketika dalam pemakaian produk kosmetik dan mendapatkan reaksi awal iritasi kulit sebaiknya mencari alternatif produk lain yang lebih aman. Dan yang lebih utama lagi menghindari pemakaian kosmetik yang membuat kulit kering dan menimbulkan iritasi pada kulit.

Pertimbangan Warna Kulit Ketika Memilih Kosmetik
Walaupun sudah mendapatkan kosmetik yang tepat untuk jenis kulit tetapi pemilihan warnanya salah akan membuat fungsi kosmetik jadi kurang. Pilihlah warna kosmetik yang cocok dengan warna kulit anda sehingga terlihat menarik. Tata rias yang baik adalah menggunakan kosmetik tanpa mengalahkan warna kulit, dengan kata lain penggunaannya lebih disarankan riasannya tipis.

Tata Rias Yang Berkualitas
Tata rias wajah atau makeup yang berkualitas biasanya harganya mahal dan tentu saja produk ini hanya bisa dikonsumsi oleh beberapa orang yang mampu saja. Tetapi perlu diingat, produk kosmetik yang harganya mahal tidak selalu cocok dengan kulit penggunanya karena didasarkan dari sensifitas kulit dan reaksi yang ditimbulkan berlainan. Oleh karena itu anda seharusnya mencari produk yang berkualitas tapi tidak memberatkan keuangan ketika harus membelinya dan yang paling penting cocok dengan kulit ketika digunakan.

Kosmetik Untuk Kulit Kering
Jika Anda termasuk orang yang mempunyai jenis kulit yang kering, jangan putus asa karena bisa menggunakan kosmetik mousse atau foundation jenis krim. Jika Anda menggunakan concealer pastikan itu berbasis krim. Selain itu disarankan mengindari penggunaan kosmetik dengan formula bebas minyak karena produk tersebut cendetung mengendap pada garis-garis halus pada kulit wajah. Riasan mata yang paling baik dilakukan dengan bedak bertekstur lembut atau krim eye shadow serta eyeliner seharusnya berupa shimmer pencil atau tipe matte. Kelembaban merupakan hal penting dalam penggunaan lipstik dan lip glos. Pergunakan produk lipstik dan lip glos yang memiliki bahan-bahan vitamin E untuk memberikan kelembaban tambahan pada bibir.

Kulit Sensitif
Ini perlu dipahami agar anda yang mempunyai jenis kulit sensitif memilih produk kosmetik label khusus. Hal tersebut untuk menghindari reaksi negatif terhadap penggunaan bahan-bahan kosmetik dengan tingkat pewarna dan pengawet tinggi.

Kulit Kombinasi
Jenis kulit kombinasi mempunyai wilayah kering dan berminyak secara tidak merata, untuk itu penggunaan kosmetik juga harus menjadi perhatian lebih dengan memilih produk kosmetik untuk jenis kulit ini. Jenis kulit kombinasi bisa juga disebut jenis kulit normal yang memiliki siklus tertentu dari normal hingga berminyak.

Kulit Berminyak
Gunakan produk kosemtik bebas minyak sebelum mengoleskan foundation tipe matte. Hindari kosmetik berbahan krim untuk eye shadow atau maskara serta pensil krim bibir.

Pembersih Kulit
Hindari penggunaan pembersih kulit yang keras dan berminyak karena akan mengakibatkan iritasi kulit. Pembersih kulit terutama wajah yang baik adalah dengan pembersih yang mengandung air sehingga akan terasa lembut di kulit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s