9 Cara Alami Membuat Rambut Berkilau dan Sehat

Semua wanita ingin memiliki rambut yang indah. Sebagai mahkota wanita, rambut yang lebat, lembut dan sehat adalah impian. Anda tidak harus sering pergi ke salon untuk mendapatkan rambut indah. Dr. Sandeep Suttar, seorang pakar rambut dari Hairrevive, Mumbai memberikan tips mudah agar rambut Anda selalu indah, dilansir Times of India.

Hindari Keramas Dengan Air Hangat

Sebisa mungkin hindari mencuci rambut dengan air hangat yang cenderung panas. Mencuci rambut dengan air hangat atau panas dapat membuat rambut kering karena kehilangan minyak alami yang berfungsi sebagai pelindung rambut. Pilih air dengan suhu biasa atau air hangat dengan suhu di bawah temperatur suhu tubuh Anda.

Jangan Keramas Setiap Hari

Keramas setiap hari hanya akan menghilangkan kelembaban alami rambut. Keramas 2 – 3 hari sekali akan membuat rambut terjaga kelembabannya karena dilindungi minyak alami rambut.

Pakai Pelindung Rambut Sebelum Berenang

Bahan kimia yang ada di dalam air kolam renang dapar merusak rambut, apalagi jika Anda hobi berenang. Karena itu, basahi dulu rambut dengan air bersih/shower, pakai kondisioner, jika perlu tutup dengan topi renang, baru Anda masuk ke kolam renang. Kondisioner akan melindungi rambut dari terpaan bahan kimia selama Anda berenang.

Rapikan Ujung Rambut Secara Teratur

Merapikan atau memotong ujung rambut secara teratur, setidaknya 6 minggu sekali akan menjaga agar ujung rambut tidak kering dan bercabang.

Jangan Sisir Rambut Yang Masih Basah

Rambut yang masih basah tiga kali lebih rapuh, mudah patah dan rontok. Karena itu, setelah selesai keramas, jangan langsung menyisir rambut dengan sisir bergigi rapat. Gunakan jari-jari Anda atau sisir garpu bergigi jarang.

Hindari Hair Dryer

Seperti yang sudah dijelaskan di atas rambut dalam keadaan basah dalam kondisi rapuh. Memakai hair dryer untuk mengeringkan rambut bukanlah cara terbaik. Keringkan rambut secara alami atau gunakan hair dryer pada suhu dingin (udara dingin seperti kipas angin).

Pakai Masker Telur

Perawatan alami selalu memberi hasil terbaik untuk rambut. Telur sudah dipakai sejak dulu di Indonesia dan berbagai negara di seluruh dunia. Gunakan putih telur untuk melembabkan rambut. Caranya, campur putih telur secukupnya sesuai panjang rambut, aplikasikan pada helai rambut, bungkus rambut dengan handuk hangat, diamkan 20 menit, bilas dan keramas seperti biasa.

Pakai Kondisioner + Madu

Jika Anda malas menggunakan telur dan enggan dengan aromanya yang amis, Anda bisa memakai cara yang lebih mudah. Campur 1 sdm kondisioner yang biasa Anda pakai dengan 1 sdt madu. Aplikasikan seperti saat Anda memakai kondisioner. Diamkan 30 menit, bilas sampai bersih. Cara ini akan membuat rambut bersinar dan lembut.

Nutrisi Tepat Dari Dalam

Yang paling penting untuk memiliki rambut sehat dan indah adalah pemberian nutrisi dari dalam. Konsumsi buah-buahan segar dan sayuran. Sebenarnya, cara terbaik untuk melakukan perawatan rambut terbaik adalah di rumah Anda sendiri dan pengaturan pola makan sehat. “Apa yang Anda makan, maka itulah yang akan terpancar dari tubuh Anda,” demikian saran sang ahli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s