Cara Cepat Menghilangkan Rasa Pedas Cabai

Menikmati hidangan pedas memang bisa menambah selera makan. Banyak masakan Indonesia yang memiliki citarasa pedas bahkan sangat pedas. Rasanya makan tidak lengkap jika tidak pedas atau tidak pakai sambal. Apakah Anda juga penyuka masakan pedas?

Sayangnya, menikmati makanan pedas seringkali tidak nyaman ketika rasa pedas terlalu membakar lidah. Rasanya sangat panas dan tidak nyaman.

“Minum air putih banyak-banyak!”

Saran tersebut sering diberikan, tetapi sebenarnya tidak efektif karena penyebab rasa pedas pada cabai adalah Kapsaisin, sejenis minyak yang percuma saja jika diberi air. Minum banyak air tidak akan mengurangi rasa pedas, justru perut akan sesak dan kembung.

Coba cara yang lebih ampuh:

Minum Susu

Yup.. susu bisa membantu menghilangkan rasa pedas. Jika di restoran atau rumah makan tidak menyediakan susu, Anda bisa membawa susu kemasan botol kecil. Saat makanan pedas mulai terasa membakar lidah, minum seteguk susu, diamkan dalam mulut hingga rasa pedas berkurang, baru telan. Cara ini sangat cepat dan efektif.

Makan Es Krim atau Yogurt

Tidak ada susu? Pilih es krim yang berbahan dasar susu. Gigit hingga es krim masuk mulut, diamkan beberapa saat hingga mencair dan rasa pedas hilang baru telan. Anda juga bisa mencoba yogurt jika tidak ada es krim.

Kunyah Nasi

Jika tidak mau repot makan es krim atau susu, ambil sesendok nasi dan kunyah perlahan. Tunggu hingga rasa pedas di mulut hilang, baru telan nasi.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa pedas karena cabai. Ingat ya, walaupun makan pedas sangat enak, mengonsumsi cabai berlebihan justru bisa merusak kesehatan, terutama lambung. Makan enak tidak harus berlebihan kan?

Sekarang Anda tidak perlu lagi takut kepedasan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s