HIKAYAT MALAM

Inilah malam yang pernah aku ceritakan padamu
Tentang bulan sendirian, menghayati sepi
Tentang rindu, bergelayut dipohon perdu
Menunggu sang dewa sebelum malam berlalu

Inilah malam, seperti hikayat panjang
Yang tak pernah berakhir, meski titah sang raja
Merajam nestapa, namun kisah ini
Mampu memejamkan bulan di sudut ranjang

Inilah malam, kisah perjalanan yang melenakan
-panjang dan fana-
Perjalanan yang tak pernah mampu dirunut
Dengan japa mantra, atau dengan pecut daunt alas
-malam beringsut malas-
Dan kita tau : malam hanya batas mimpi dan kenyataan

Inilah malam, jejak para pengembara
Bersembunyi mencari kubur sepi
Melupakan pagi. Berdusta pada matahari.
Memahat dinding pada kamar-kamar sunyi
-sebuah prasasti : tentang janji yang tak terberi

Inilah malam, dimana -aku atau kau- pernah melukis
Tentang seorang, berlari dari bintang ke bintang
Mencari malamnya malam
Mencari gelapnya gelap
Dan mengutuk dengan kitab yang berabad-abad dipujanya
-tetapi malam tetaplah malam-

Inilah malam, yang tak mampu aku tamatkan menjadi pagi
-malammu tetaplah rahasiamu-
Aku hanya melihat, dinding ini semakin beku
Tak ada bekas torehan pesan
Kau – telah – pergi
-hikayat ini aku titipkan pada malammu yang abadi

Leave a Reply

